Jalan Yap Yun Hap Diresmikan di Kampus UI

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah aksi keprihatinan digelar aktivis kemanusiaan di Jakarta dan Depok, Senin (24/9/2012), untuk memeringati 13 tahun tragedi Semanggi 2.

Daud dari Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) menjelaskan, aksi simpatik digelar di Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok dan tabur bunga di pertigaan RS Jakarta, lokasi di mana Yap Yun Hap tewas ditembak militer 13 tahun silam.

Pekan lalu, ayah Yap Yun Hap, Yap Pit Sing, meninggal dunia karena sakit. Yap Pit Sing berasal dari keluarga sederhana yang hidup pas-pasan.

"Papan nama Jalan Yap Yun Hap akan dipasang dekat bundaran Fakultas Psikologi UI Depok. Tabur bunga dan renungan diadakan sore hari di dekat RS Jakarta," kata Daud.

Para aktivis dari Kontras, FH Atmajaya, BEM UI, STF Driyarkara, YAI, dan keluarga korban Semanggi 2 akan hadir dalam aksi simpatik 13 tahun Tragedi Semanggi II tersebut.

Acara diakhiri pemutaran film Tragedi Semanggi, diskusi, puisi, dan doa bersama di depan Unika Atmajaya pukul 18.30-21.00.