Kasus Poso, DPR Janji Tindak Lanjuti Temuan KontraS

JAKARTA – Wakil Ketua Komisi III DPR, Almuzammil Yusuf mengatakan, Komisi III akan segera membentuk Panitia Kerja (Panja) untuk menangani teror Poso di Sulawesi Tengah, jika hal itu dipandang perlu.

Hal itu diungkapkan saat memimpin Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi III DPR dengan Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS), di gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/11).

"Kasus Poso ini karena kasusnya lama dan besar, kita akan mendahului dengan kunjungan spesifik, komisi dan pihak-pihak terkait seperti Komnas HAM dan Ombudsman. Kalau menilai perlu kita akan memunculkan kembali Panja Kasus Poso," katanya.

Dalam pertemuan ini, Komisi III berjanji akan menindaklanjuti hasil temuan KontraS di Poso. "Intinya kita akan lakukan tindak lanjuti, karena ini kasus besar. Dan kita juga akan melakukan koordinasi, kan tidak hanya Komisi III, di DPR ada Komisi II yang terkait untuk menyelesaikan permasalahan ini," katanya.

Dalam pertemuan tersebut, Koordinator KontraS Haris Azhar memberi sejumlah masukan, yang intinya KontraS mendesak DPR segera menuntaskan konflik Poso, dengan bekerjasama dengan lembaga lain, seperti Ombudsman atau Komnas HAM dan segera membentuk tim investigasi.