HUT Munir akan dirayakan dengan pentas seni dan budaya

Hari ulang tahun Munir, aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) yang tewas beberapa tahun silam akan dirayakan secara istimewa. Beberapa kalangan seniman akan menggelar berbagai kegiatan pada 2-3 Desember di kota kelahirannya, Malang, Jawa Timur.

Kegiatan itu terdiri dari ziarah, orasi budaya, melukis dan lain-lain. Sekadar diketahui, Munir akan berulang tahun pada 8 Desember.

"Acara di kota Batu, Malang oleh ribuan pelajar lokal dan seniman se-Indonesia," ujar Seniman Butet Kartaredjasa di kantor change.org, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (29/11).

Selain itu, menurut Butet, acara ini sebagai bentuk untuk menagih utang pemerintah yang berjanji akan menuntaskan kasus Munir. "Karya mereka nanti akan menjadi latar belakang panggung," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, anggota KontraS, Usman Hamid mengatakan, dalam acara tersebut akan diadakan lomba memahat patung munir. Bagi patung terbaik, akan dijadikan sebagai monumen Munir.

"Dan nantinya Munir akan dijadikan nama jalan di kota Batu," katanya.

Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko yang hadir di acara itu mengaku sangat mendukung. Warga Batu bangga memiliki putra bangsa yang namanya harum di dunia dalam memperjuangkan keadilan dan kebenaran.

"Presiden SBY tak bisa menghindari kewajibannya untuk memenuhi janji ‘ujian sejarah’," tegasnya.