Mengenalkan Perjuangan Munir Melalui Seni Budaya

Metrotvnews.com, Batu: Berbagai pagelaran seni dan budaya digelar di alun-alun Kota Batu, Jawa Timur, untuk memperingati hari kelahiran Munir, Ahad (2/12). HUT Munir berlangsung di alun-alun Kota Batu, Jawa Timur. Gelaran peringatan HUT Munir yang jatuh pada 8 Desember itu mengusung spirit untuk menagih janji Presiden untuk mengungkap kasus pembunuhan aktivis hak asasi manusia (HAM) tersebut.

Menurut istri Munir, Suciwati, pagelaran seni dan budaya tersebut diselenggarakan atas permintaan masyarakat banyak. Melalui kekuatan seni, budayawan dan seniman ingin mengenalkan dan membuat masyarakat paham mengenai perjuangan Munir selama ini.

"Seni itu tidak hanya berurusan tentang pencapaian artistik. Seni juga punya kekuatan lain, yaitu untuk mendidik, membangun kesadaran dan juga perjuangan. Kali ini melalui seni, kami ingin mendekatkan pemahaman sejarah pada masyarakat," kata seniman Butet Kartaredjasa.

Para aktivis HAM, seniman dan budayawan mengaku telah menyiapkan banyak hal, untuk terus merawat ingatan tentang kasus Munir yang hingga sekarang tidak kunjung usai.

"Selama kekuatan rakyat dan masyarakat sipil ada, kebenaran itu akan muncul secara sendirinya," jelas Suciwati. (Wtr4)