Kontras: Sejak 2011, Ada 361 Kasus Penembakan

JAKARTA, – Sebanyak 361 kasus penembakan terjadi medio 2011-2013. Dari jumlah tersebut, 279 kasus di antaranya melibatkan oknum kepolisian.

"Sisanya, sebanyak 20 kasus oleh TNI dan 63 kasus oleh orang tidak dikenal," kata Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan, Haris Azhar, dalam rilis yang diterima wartawan, Kamis (15/8/2013).

Haris menjelaskan, ada dua motif utama dalam kasus penembakan yang dilakukan oknum polisi, yaitu upaya penangkapan pelaku tindak kriminal dan upaya penanganan demonstrasi yang berujung bentrok, maupun bentrokan akibat sengketa lahan maupun konflik komunal.

"Motif lainnya yang tidak begitu banyak dijumpai ialah dendam pribadi atau akibat kelalaian yang dilakukan oleh anggota kepolisian," katanya.

Sementara, dalam persitiwa penembakan yang dilakukan oknum anggota TNI, Haris mengatakan, motif umum yang mendominasi persitiwa penembakan ialah permasalahan pribadi dan upaya penanganan gangguan separatisme di Papua.

"Motif penembakan oleh OTK (orang tak dikenal) umumnya merupakan bentuk dari gangguan keamanan dalam hal ini yang menurut beberapa kalangan disebut dengan separatisme," katanya.

Ia menambahkan, jenis senjata yang digunakan pelaku penembakan pun berbeda-beda. Untuk kasus penembakan yang dilakukan oknum polisi dan TNI, pada umumnya menggunakan senjata jenis pistol FN dan senjata laras panjang jenis AK 45.

"Sedangkan, peristiwa penembakkan oleh OTK umumnya menggunakan senjata jenis laras panjang atau senjata rakitan," ujarnya.