Pembukaan Sekolah HAM Mahasiswa (SeHAMA) 2013

Ekspresi Anak Muda adalah Hak Asasi”

Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) kembali melaksanakan program tahunan Sekolah Hak Asasi Manusia untuk Mahasiswa yang populer dikenal sebagai SeHAMA. Kegiatan di tahun kelima ini mengambil tema “Ekspresi Anak Muda adalah Hak Asasi”. Dua puluh lima mahasiswa terpilih dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia akan mengikuti kelas hak asasi manusia selama 20 hari. Program ini secara resmi dibuka pada tanggal 22 Agustus dan akan berlangsung hingga tanggal 7 September 2013. SeHAMA dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman HAM dan regenerasi  kepada kalangan muda agar terlibat aktif dalam memperjuangkan HAM.

Pembukaan SeHAMA tahun ini dibuka secara resmi oleh Koordinator KontraS serta perwakilan kedutaan besar dari Swiss dan Kanada. Dalam sambutannya, Haris Azhar memberikan gambaran mengenai misi KontraS yang saat ini berkomitmen untuk melakukan internasionalisasi isu perlindungan HAM dan pengawalan isu HAM di kawasan Asia Tenggara. Sedangkan perwakilan dari kedua kedutaan yang telah bekerjasama dengan KontraS selama lima tahun mendukung kegiatan SeHAMA ini, menegaskan komitmen masing-masing negara dalam upaya penegakan HAM dalam setiap level masyarakat.

Nurul Izzah, anggota Parlemen Lembah Pantai, Malaysia hadir sebagai lecture dalam kuliah umum pada acara pembukaan dengan tema ‘Peran Kepemimpinan Pemuda pada Ketidakpastian Masa Depan ASEAN’.

Dalam kuliah umum yang berlangsung selama 45 menit itu, Nurul Izzah secara khusus memberikan semangat kepada para mahasiswa agar terus berjuang dan berkarya. “?Kegiatan SeHAMA penting karena dapat saling menopang satu sama lain dalam hal kemanusiaan”, ujarnya. Para peserta SeHAMA juga memiliki kesempatan berdiskusi dengan Nurul Izzah pada saat sesi tanya jawab. Alfiandi, peserta SeHAMA dari Aceh menanyakan tentang pemuda di ASEAN ke depan. Sesi tanya jawab selanjutnya secara bergantian diikuti oleh peserta lainnya.

Di akhir acara pembukaan menampilkan grup band White Shoes and The Couples Company yang diambut antusias oleh peserta SeHAMA dan tamu undangan.