Ditangkap Saat Peringati Hari HAM, Aktivis Kontras Akhirnya Pulang

Ditangkap Saat Peringati Hari HAM, Aktivis Kontras Akhirnya Pulang

 

KBR, Jakarta – Dua belas aktivis Komisi Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) lolos dari penahanan kepolisian, Kamis sore. Koordinator Kontras, Haris Azhar, menjelaskan mereka pulang setelah polisi tidak bisa menjelaskan status penahanan mereka.

Polisi bersikeras menginterogasi yang ditolak aktivis ini. Setelah debat, akhirnya para aktivis ini melenggang pulang.

"Dia bilang interogasi saja. Statusnya apa? Ngobrol-ngobrol aja, katanya. Surat interogasinya saya minta copy, dia nggak mau, dia malah robek. Setelah dia robek, ya sudah saya tinggal pulang. Semua pulang," ujar Koordinator Kontras, Haris Azhar kepada KBR, Kamis (10/12/2015) malam.

Dua belas aktivis Kontras dibawa ke kantor polisi ketika menggelar aksi diam dalam rangka hari Hak Asasi Manusia di Bundara HI Jakarta, Kamis (10/12/2015) siang. Polisi sempat mengusir mereka dengan dalih aksi itu tidak ada pemberitahuannya. Padahal Kontras sudah memberitahukan aksi itu 2 hari sebelumnya. Polisi pun mengalah dan memberikan kesempatan aksi 20 menit saja. Ketika aksi selesai dan aktivis membereskan atribut, tiba-tiba mereka dibawa ke kantor polisi. 

Editor: Rony Sitanggang