Peluncuran #MasihIngat

Peluncuran #MasihIngat
 
Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan pada hari Minggu, 7 Februari 2016 lalu meluncurkan kampanye Hak Asasi Manusia (HAM) terbaru untuk mengingatkan publik tentang sejumlah peristiwa pelanggaran HAM masa lalu yang belum jelas nasib penyelesaiannya di tangan negara. #MasihIngat adalah tajuk dari kampanye yang diluncurkan di Taman Suropati, Jakarta Pusat tepat di tanggal dimana Peristiwa Talangsari di Lampung, yang terjadi 27 tahun silam.
 
Meski hujan mengguyur, 11 orang badan pekerja KontraS berupaya tetap teguh membentangkan huruf-huruf besar #MasihIngat dengan tujuan mengingatkan masyarakat yang berlalu-lalang di sekitar Taman Suropati tentang pentingnya merawat ingatan, khususnya terkait peristiwa pelanggaran HAM masa lalu.  #MasihIngat sengaja dipilih oleh KontraS sebagai message inti untuk kampanye HAM selama tahun 2016, melanjutkan tagline Melawan Lupa dan melengkapi tagline Human Loves Human yang selama ini telah lebih dahulu digaungkan oleh KontraS.  #MasihIngat akan mengajak kita untuk berpikir kritis atas lintasan sejarah, peristiwa, pengalaman publik dan korban maupun keluarga korban yang masih kerap dipinggirkan dan tidak mendapatkan keadilan meski rezim pemerintahan datang silih berganti.
 
Besar harapan KontraS, kedepannya publik-lah yang akan berpartisipasi lebih jauh dalam mengingatkan negara tentang kewajiban dan tanggung jawabnya menyelesaikan sejumlah pelanggaran HAM masa lalu melalui #MasihIngat.