Pernyataan sikap KontraS Terkait Situasi di Mimika, Papua

Berkaitan dengan krisis terkini yang terjadi di Mimika, Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) memberikan peringatan serius kepada Pemerintah dan aparat untuk menghindari penggunaan senjata dan kekerasan dalam merespon tuntutan kelompok bersenjata di Papua.

Penggunaan kekerasan hanya akan memicu eskalasi kekerasan, dan dapat mengakibatkan pelanggaran serius hak asasi manusia, dan semakin kentalnya  ketidakpercayaan warga Papua atas otoritas Indonesia.

Upaya damai, meskipun rumit dan memakan waktu, harus terus dilakukan dengan memberi kesempatan kepada pihak netral yang percaya kelompok bersenjata untuk menjajaki perundingan dan mengkomunikasikan tuntutan, apapun itu.

Pemerintah harus membuka akses media independen untuk menghindar kesimpangsiuran berita, stigma kriminal dan narasi atau informasi yang tidak seimbang.

Pemerintah juga harus membuka akses bagi pemantau dan bantuan kemanusiaan untuk masyarakat sipil yang terdampak akibat krisis ini.

Situasi ini juga harus dilihat sebagai ketidakpuasan masyarakat Papua terhadap praktek kebijakan Pemerintah di Papua. Oleh karenanya dalam krisis ini Pemerintah harus mampu menjawab akar persoalan sesungguhnya di Papua secara menyeluruh, termasuk berbagai ketidakdilan struktural dan impunitas pelanggaran HAM yang terjadi di Papua.

Jakarta, 11 November 2017
Yati Andriyani