Kwitangologi Vol.2

Dijelazine dulu

Dalam tahun-tahun politik ini, hak asasi manusia bagai sebatang kayu yang terombang-ambing di tengah laut. Ia bisa bergeser ke mana saja tergantung gelombang membawanya. Hak asasi manusia dipandang menjadi isu “musiman” yang baru digunakan ketika seseorang/kelompok menjadi “korban,” padahal peduli terhadap hak asasi manusia tidak mensyaratkan hal tersebut. Hak asasi manusia melekat dalam diri manusia tanpa didahului status tertentu. namun, sayangnya pemahaman tersebut hanya dimengerti oleh beberapa kelompok. Lebih sering isu HAM dimainkan untuk meraih tujuan tertentu. Alhasil, HAM mengalami peyorasi makna yang membuat orang menjadi sebelah mata terhadapnya.

Tantangan dalam menyampaikan ide-ide hak asasi manusia makin penuh dengan cobaan. Sudah banyak hal yang disampaikan, dipandang sebelah mata pula. Belum lagi soal arus informasi yang deresnya kayak ujan di Missisipi. Hari ini berita ini, besok udah berita itu. Hari ini mau respon ini, isu baru muncul. Yang kemarin belum terbahas, yang baru sudah muncul. Ibaratnya, yang kemarin belum juga diinget, hari ini sudah lupa. Begitu saja terus.

Kalo kami ditanya tentang apa yang menjadi problem utama bangsa ini, maka kami akan jawab “mengingat.” Kita males nginget, mudah lupa, dan mudah pula melupakan. Melalui Kwitangologi! Vol. 2, kami menyusun rentetan peristiwa yang coba disusun secara menarik dan kemasan yang tidak kaku untuk memudahkan pembaca dalam mengingat. Hal-hal yang diingat pun macam-macam. Tim redaksi yang bertugas menyusun beberapa rubrik yang diharapkan tetap “hidup” sampai tiga bulan ke depan, seperti yang ada dalam Kwitangologi! Vol. 1.

Dalam zine ini kita mencoba akomodir beberapa masukan dari temen-temen yang telah memberikan usulannya melalui media sosial insapgan, twatter dan nanya langsung untuk masukannya terhadap Kwitangologi! Vol. 2. Isian dari zine edisi kali ini seputar peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa lampau dan kembali terjadi lagi di era sekarang. Mulai dari Talangsari sampai Jakarta, peristiwa yang muncul ternyata memiliki pola yang seragam. Tak luput juga kita memasukkan rubrik hiburan yang disajikan melalui beberapa bahasan seperti Melihat Bintang, review film, chord lagu tentang isu-isu sosial, dan lain sebagainya. Akhir kata, selamat menikmati.

Unduh file selengkapnya di sini