20 Oktober 2024 menandakan berakhirnya pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) sebagai Presiden ketujuh Republik Indonesia setelah menjabat selama 10 tahun terakhir (2 periode). Dalam menyambut berakhirnya masa jabatan Presiden, Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) meluncurkan 3 (tiga) buku yang membahas tentang kemunduran demokrasi, bertahannya budaya impunitas dan buruknya kebijakan politik luar negeri selama era pemerintahan Jokowi. 3 buku ini diluncurkan pada hari Jumat, 18 Oktober 2024 berlokasi di Wisma Staco, Jakarta Selatan. 

Situasi ketidakpercayaan serta minimnya penghormatan atas HAM menjadi salah satu alasan kami menyusun buku ini. Buku ini merupakan reaksi terhadap situasi dan kondisi demokrasi dan HAM di Indonesia yang pada akhirnya menghadapi kemunduran secara terang-terangan di era Jokowi. Kemunduran tersebut tidak dapat dilepaskan dari kebijakan, regulasi, serta tindakan strategis yang diambil oleh Jokowi. Lebih dari itu, buku ini hadir sebagai upaya untuk mendokumentasikan dan mengungkap “dosa-dosa” yang terjadi selama masa kepemimpinan Jokowi yang kami ambil dari hasil pemantauan, penanganan kasus dan juga investigasi terkait dengan kekerasan negara dan pelanggaran HAM selama 10 tahun terakhir. 

“Melalui peluncuran buku ini, kami berharap bahwa diskursus HAM tidak ditinggalkan dalam kerangka penyelenggaraan negara dan juga dalam gegap gempita perpisahan Jokowi. Upaya sistematis untuk memoles citra sang Presiden sebelum digantikan oleh Prabowo Subianto, tidak bisa menutupi fakta bahwa terdapat banyak hutang janji Jokowi yang masih belum ditunaikan, seperti penyelesaian kasus peristiwa pelanggaran HAM berat masa lalu dalam kerangka berkeadilan, reformasi sektor keamanan, penyelenggaraan negara yang bebas dari praktik kolusi, korupsi dan nepotisme, perlindungan alam, lingkungan dan masyarakat adat serta jaminan perlindungan kepada kelompok minoritas.” Ujar Dimas Bagus Arya, Koordinator KontraS. 

Jakarta, 19 November 2024

 

Badan Pekerja KontraS

Narahubung: +6281232758888

 

Tautan buku versi digital: 

Buku Dosa Demokrasi 

Buku Dosa Impunitas

Buku Dosa Diplomasi

Tags
Writer Profile

Admin

Without Bio

Popular Post

Thumbnail Post

Popular Tags