KONTRAS TAK BOLEH DAMPINGI

Redaksi Yth:
KONTRAS TAK BOLEH DAMPINGI

Membaca berita berjudul: Keluarga Korban Semanggi Silakan Datang di Kompas (31/3), saya salah seorang dari orangtua korban Semanggi tentu saja sangat antusias membacanya. Secara sekilas judul tersebut sangat "menyejukkan", namun ternyata isinya membuat saya bertanya-tanya: mengapa Danpomdam Jaya tidak bersedia menerima kami para orangtua/keluarga korban Semanggi bila didampingi oleh Kontras (Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan) dengan alasan  karena bukan lembaga pengacara?

Bila demikian, alasan itulah kiranya yang membuat Danpomdam Jaya Kol (CPM) Hendardji tidak bersedia menerima kedatangan kami yang didampingi oleh Kontras dan sejumlah mahasiswa pada tgl 29 Maret, dan mewakilkan pada Kepala Bagian Penyidik Pomdam Jaya, Mayor CPM Ir YW Wempi Hapan, Msc, Eng, yang lebih banyak menampung daripada menjawab pertanyaan kami.

Setahu saya, siapa pun boleh saja mendampingi para orangtua/keluarga korban Semanggi yang ingin minta penjelasan mengenai perkembangan penyidikan kasus Semanggi. Dalam anggapan saya, Pomdam Jaya mempunyai iktikad baik dalam menangani kasus Semanggi dan oleh karenanya akan menerima siapa pun yang mendampingi orangtua/keluarga korban. Dan setahu saya pula, Kontras adalah suatu lembaga advokasi publik yang memiliki divisi legal di samping divisi investigasi.

Mestinya, kehadiran Kontras mendampingi orangtua/keluarga korban tidak perlu dipermasalahkan atau ditakuti. Sebab Kontras bisa menjadi juru penerang di bidang hukum bagi orangtua/keluarga korban, dan bisa pula membantu tugas Pomdam Jaya melalui data investigasi yang dimilikinya. Bukankah Pomdam Jaya mengeluh kesulitan dalam memperoleh bukti? Kasus Semanggi terjadi pada tgl 13 November 1998, berarti sudah hampir setengah tahun yang lalu. Tetapi sampai sekarang tak terdengar semangat, kemauan dari pihak yang berwenang dalam menanganinya dan terkesan "jalan di tempat".

 

Arief Priyadi
(Orangtua: Wawan, korban Semanggi)
Komp Setjen DPR RI IV/46
Meruya Selatan, Kembangan
Jakarta 11650