Tuntutan Aksi 19 April Koalisi Musisi Untuk Gaza

Pada 19 April 2024, kami Koalisi Musisi Untuk Gaza ingin berkontribusi atas kekhawatiran kami terhadap situasi yang terjadi di Palestina hari ini. Sejak bulan Oktober 2023 lalu, baik Perserikatan Bangsa-Bangsa maupun pemimpin negara-negara masih tidak mampu untuk menyelesaikan konflik yang terjadi dan mengentaskan genosida yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina, dimana konflik ini telah terjadi lebih dari 50 tahun. Amerika Serikat sebagai salah satu negara yang paling berpengaruh di Dewan Keamanan PBB memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap lemahnya implementasi hukum humaniter yang semestinya dapat dilakukan pada konflik Israel-Palestina ini. Konvensi Jenewa yang seharusnya menjadi hukum yang dapat diterapkan seakan-akan hanya menjadi hukum di atas kertas yang tidak memiliki nyawa untuk memutus rangkaian genosida yang dilakukan oleh Israel dengan didukung oleh beberapa negara lain seperti Amerika Serikat, Britania Raya dan lainnya.

Konflik ini tidak hanya memperburuk situasi perdamaian dunia dan menjatuhkan segala upaya para pendiri PBB dalam membuat berbagai aturan-aturan yang mengikat bagi negara anggota untuk melindungi, menghormati dan memenuhi hak asasi manusia, termasuk kepatuhan terhadap hukum internasional yang pada akhirnya diinjak-injak oleh para pemimpin negara dan membiarkan genosida terus berlanjut di Palestina. Ribuan anak, perempuan dan warga sipil lainnya terus menjadi korban, dan hingga saat ini tidak ada Langkah konkret selain Mahkamah Internasional yang diinisiasi oleh Afrika Selatan untuk mengadili Israel. Hal ini tentu saja menjadi sebuah ancaman serius bagi generasi mendatang, dengan adanya ancaman perang dan eskalasi konflik yang dapat menimbulkan terjadinya Perang Dunia Ketiga apabila Amerika Serikat terus memberikan bantuan terhadap Israel dan memblokade seluruh upaya untuk menghentikan genosida di Palestina pada forum-forum PBB.

Selain ancaman eskalasi konflik yang tentu berbahaya bagi generasi-generasi penerus, konflik ini tentu saja sangat berpotensi pada krisis ekonomi global yang mengakibatkan lapisan konflik lain akan terjadi dan memperburuk stabilitas perekonomian dunia, memperburuk kerjasama antar negara dan juga bagaimana hal ini berpengaruh baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap situasi ekonomi makro maupun mikro di seluruh dunia. Negara-negara di sekitar area konflik akan memperbesar prioritasnya untuk memperbanyak anggaran untuk keamanan nasional, sedangkan kebutuhan masyarakat pada akhirnya tidak menjadi prioritas padahal situasi ekonomi masyarakat di negara-negara dunia selatan juga masih dibelenggu dengan berbagai situasi kerentanan ekonomi dan sulitnya mencari lapangan pekerjaan.

Ketiga, residu dari perang ini tentu saja berpengaruh terhadap polusi udara, lingkungan dan tanah yang pada akhirnya berdampak pada kelestarian lingkungan. Hak warga untuk lingkungan yang bersih dan sehat. Hal ini tentu berpengaruh pada krisis iklim yang sedang marak terjadi hari ini, akses atas air bersih dan juga tanah untuk dipergunakan sebagai ladang untuk ketahanan pangan. Jika perang ini tidak segera dituntaskan dan dihasilkan sebuah upaya untuk mengadili Israel beserta kroni-kroninya, maka nasib generasi muda ke depan akan hidup terbelenggu pada situasi perubahan iklim yang buruk yang salah satunya diperburuk karena residu-residu perang tersebut.

Maka dari itu, kami Koalisi Musisi untuk Gaza, didukung oleh Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) mendesak Perserikatan Bangsa-Bangsa, Amerika Serikat dan negara lainnya yang mendukung genosida yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina untuk:

  1. Segera menghormati dan mematuhi segala resolusi untuk gencatan senjata agar dapat segera mengadili genosida dan menyelesaikan penderitaan yang dirasakan oleh warga Palestina dan meminimalisir risiko terjadinya eskalasi konflik dan menuntun pada Perang Dunia III;
  2. Bertanggung jawab sesuai dengan Konvensi Anti-Genosida Internasional dan Konvensi Jenewa terkait dengan korban jiwa masyarakat sipil sebanyak lebih dari 33 ribu korban jiwa dengan mayoritas anak dan perempuan selama 6 bulan terakhir;
  3. Bertanggung jawab atas jejak residu perang yang mengakibatkan kerusakan lingkungan, krisis iklm dan mengakibatkan ancaman keberlangsungan hidup warga Palestina dan dunia pasca konflik untuk generasi mendatang.

Jakarta, 19 April 2024

Koalisi Musisi Untuk Gaza
Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS)
Eka Rahyadi Annash
Adhito Nugroho
Ananda Badudu
The Brandals
The Panturas
The Jansen
The Safari
Dongker
Swellow
Seringai
Indische Party
Straight Answers
Efek Rumah Kaca
Humanimal
Tashoora
Kelompok Penerbang Roket
Godplant
Melanie Subono
Rebecca Reijman
Bella Fawzi
Chikita Fawzi
Siksa Kubur
Mouthless