Aksi Kekerasan Kelompok Sipil Terorganisir kepada Papernas

Aksi Kekerasan Kelompok Sipil Terorganisir kepada Papernas

Kami menyesalkan terjadinya aksi kekerasan yang dilakukan oleh massa Front Pembela Islam kepada kelompok demonstrasi Papemas, yang terjadi siang tadi sekitar pukul 11.00 WIB di Dukuh Atas, Sudirman Jakarta. Penyerangan kepada masyarakat sipil, khususnya terhadap perempuan dan anak-anak tersebut menyebabkan jatuhnya korban luka-luka dan membubarkan diri karena lari ketakutan. Sementara itu, aparat kepolisian tidak berusaha mengentikan aksi kekerasan yang berlangsung.

Tindakan kekerasan dengan dalih untuk meredam kebebasan berekspresi dan berpendapat masyarakat sipil merupakan tindakan yang kekerasan yang melanggar HAM dan konstitusi. Hal ini ironis, karena pada saat yang sama pemerintah sedang membicarakan upaya-upaya perlindungan HAM dan peradaban manusia dalam Dewan HAM PBB.

Apa yang terjadi kali ini bukan hal pertama. Telah kesekian kali, negara melalui aparat hukumnya tidak memberikan rasa aman dalam melindungi warganya sendiri. Kami mengkhawatirkan jika pengabaian terhadap jaminan keamanan masyarakat ini terus berlangsung, maka bentuk-bentuk kekerasan serupa akan semakin buruk di masa datang. Negara telah membiarkan kasus, serupa terus .berlangsung dengan membiarkan penyerangan, penganiayaan terhadap masyarakat yang menjalankan hak untuk mengeluarkan pendapat dan berekspresinya.

Kami mendesak aparat kepolisian untuk melakukan penyelidikan terhadap kasus ini. Penyelidikan harus berjalan secara jujur dengan melakukan pemeriksaan terhadap seluruh pelaku. Kami mendesak Presiden untuk mengambil langkah aktif untuk menghentikan aksi-aksi kekerasan serupa yang ditujukan pada kelompok-kelompok masyarakat sipil yang menyuarakan demokrasi. Kami menghimbau agar seluruh masyarakat menghormati konsitusi dengan saling menjamin upaya-upaya bebas untuk berekspresi.

Jakarta, 29 Maret 2007

KontraS, Imparsial, LBH Jakarta, Demos, KASUM, Papernas


Lampiran:
> Kronologi Singkat
> Surat Penyerangan Terhadap Papernas