SBY Sangkal Penakut, Buktikan Penuntasan Kasus Munir

Chazizah Gusnita – detikcom

Jakarta – SBY menyangkal dirinya peragu dan penakut. Namun bagi banyak orang, bantahan itu tidak berguna. Penuntasan kasus Munir, misalnya, tetap mengingatkan bahwa SBY tidak tegas.

Koordinator Kontras Usman Hamid mengatakan sikap ketidaktegasan SBY dalam kasus pembunuhan Munir terlihat dari kehati-hatiannya memerintahkan Polri untuk menyidik tersangka utama pembunuhan Munir.

"Seharusnya kan beliau memerintahkan Polri menyidik kasus ini tanpa tanggung-tanggung sampai ke akar-akarnya, bukan dengan sikap hati-hati," katanya dalam perbincangan kepada detikcom, Senin (23/4/2007) pukul 07.00 WIB.

Menurut Usman, masih adanya sikap ketidaktegasan SBY tersebut tidak hanya dalam kasus pembunuhan Munir tapi kasus pelanggaran HAM lainnya seperti kasus penculikan aktivis yang sampai hari ini tidak ada kelanjutannya.

"Yang diukur masyarakat itu pencapaian dan produknya, bukan penampilan beraninya," ujar sarjana hukum dari Universitas Trisakti ini.

SBY menyangkal dirinya penakut ketika berpidato di depan majelis ta’lim di Yayasan Islamic Center, Kwitang, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Minggu (22/4/2007).(ziz/nrl)