LSM Minta Komnas HAM ke Atu Lintang

JAKARTA- Sembilan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Banda Aceh meminta Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM) untuk melakukan investigasi langsung ke Atu Lintang Aceh Tengah. Permintaan ini berkaitan dengan penyerangan, pembunuhan, dan pembakaran anggota dan kantor Komite Peralihan Aceh (KPA) pada 1 Maret silam. Tragedi pada dini hari ini menyebabkan enam anggota KPA tewas dibakar yang sebelumnya disiksa oleh kelompok bersenjata parang.

“Kami meminta Komnas HAM berperan melakukan investigasi langsung ke lokasi kejadian karena dari kekerasan yang terjadi patut dicurigai adanya tindakan pelanggaran HAM yang sistematis,” kata Juru Bicara Koalisi LSM Asiah Uziah kepada SH, Senin (3/3).

Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) Usman Hamid menjelaskan tragedi ini karena ekses membiarkan konflik horizontal yang telah lama di Aceh Tengah. Mereka mengkhawatirkan, jika tidak ada upaya serius untuk mendamaikan kelompok-kelompok yang bertikai di Aceh Tengah telah mengakibatkan konflik tersebut kian membesar dan ini merupakan ancaman serius bagi keberlangsungan perdamaian Aceh. (zal)