10 Tahun Kontras

Pada 20 Maret, Komite untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) genap berusia 10 tahun. Dalam 10 tahun itu, Kontras telah berupaya merawat komitmen pada nilai-nilai kemanusiaan dengan sepenuh hati untuk menentang berbagai bentuk kekerasan.

Dari pengalaman 10 tahun itu, Kontras juga belajar bahwa kekerasan dalam kehidupan kita bukanlah masalah yang mudah untuk dilawan. Dengan kata lain, Kontras menyadari bahwa untuk menentang kekerasan membutuhkan banyak dukungan, kreativitas, dan kesabaran untuk teguh pada komitmen.

Dalam perjalanan yang telah menempuh jarak tempo selama 10 tahun, Kontras juga mulai melihat terjadinya perubahan dari habitat kekerasan.

Namun, dalam beberapa tahun belakangan ini kekerasan tidak lagi datang dari alamat penguasa, melainkan datang dari alamat yang berbeda-beda.

Lantas, pertanyaannya, bagaimana kita menghadapi semua ini. Dalam kesempatan ulang tahun Kontras ke-10, Kontras hendak mencoba mengajak semua pihak untuk menjawab pertanyaan pelik ini, dalam forum Annual Human Rights Lecture I dengan pembicara di antaranya Daniel Dhakidae dan Jimly Asshidiqie.

Erwin Partogi
Ketua Panitia Acara Peringatan Ulang Tahun Kontras ke-10