Sidang Muchdi Pr Diramaikan Pendukung 2 Kubu

Jakarta – Sidang kasus pembunuhan aktivis HAM Munir dengan terdakwa Muchdi Pr kembali digelar. Selain pengamanan petugas polisi, sidang kali ini diramaikan juga oleh pendukung kedua kubu: kubu Muchdi dan kubu pendukung Munir.

"Pengamanan tetap seperti biasa, sekitar 200 petugas yang berjaga-jaga," kata Kompol Maryoto WP di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, cilandak, Jakarta, Rabu (30/10/2008).

Menurut Maryoto, pengamanan ketat tetap dilaksanakan untuk mencegah hal di luar kehendak. "Takut kecolongan jadi kita tetap jaga. Tapi kali ini lebih aman dan tidak terlalu khawatir karena yang diperiksa tim penyidik," jelas dia.

Kubu pendukung Muchdi berjumlah sekitar 100 orang. Mereka datang dari Cipinang, Tanjung Priok dan Pasar Minggu. "Kami datang menggunakan motor dan sudah menunggu sejak pukul 08.00 WIB," kata warga Cipinang Roy (30).

Bagi Roy dan para pendukung lain, kedatangan mereka diharapkan dapat memberi semangat dan spirit untuk Muchdi yang duduk di kursi terdakwa.

Di ujung sisi ruang lainnya, orang-orang berbaju merah bertuliskan ‘Sahabat Munir’ datang sejak pukul 09.00 WIB. Mereka datang dari Bogor dengan menggunakan 4 bus.

"Kami datang memberi dukungan, dan sering datang setiap sidang," kata Asti (20) yang datang dari desa Suka Mulya, Bogor.

Hari ini sidang rencananya akan menghadirkan ahli Rahmat Budianto dan kesaksian 2 penyidik.(nov/asy)