Wali Kota Padang Dilaporkan ke Satgas Mafia Hukum

JAKARTA – Tim penasihat hukum forum warga Padang didampingi LBH Jakarta, YLBHI, dan Kontras pada siang nanti dijadwalkan bertemu dengan anggota Satgas Pemberantasan Mafia Hukum.

Mereka akan melaporkan Wali Kota Padang Fauzi Bahar karena diduga melakukan kriminalisasi terhadap para aktivis yang kritis terhadap kebijakan Pemkot Padang. Tindakan ini menyusul ditahannya enam aktivis setelah menggelar aksi unjuk rasa di Balaikota Padang, beberapa waktu lalu.

“Kami akan bertemu dengan satgas sekira pukul 14.00 WIB di Jalan Veteran No 17, Jakarta Pusat,” ujar pengacara publik LBH Jakarta, Tommy Albert Tobing dalam rilisnya kepada okezone di Jakarta, Selasa (2/3/2010).

Tommy menjelaskan, kedatangan dirinya bersama sejumlah warga Padang ke kantor Satgas Mafia Hukum karena mensinyalir terjadinya praktek mafia hukum di Sumatera Barat.

Di antaranya dalam tujuh kasus yang tengah dikritisi dan dituntut penyelesaiannya secara hukum oleh warga Padang. Yaitu tiga kasus yang telah dilaporkan ke KPK, kasus izin pembangunan bantaran sungai tahun 2008, kasus penggusuran PKL, dan kasus tanah warga Kurao Padang.

Di kasus terakhir, Wali Kota Padang telah ditetapkan sebagai tersangka sejak tahun 2008 oleh Polda Sumbar. Namun proses hukumnya tidak jelas hingga sekarang. “Ironisnya, hukum malah dipakai untuk menyerang balik dan membungkam sikap kritis warga,” tandasnya.(ful)