Kontras: Benar Usman ditawari jadi pengurus Demokrat

Jakarta – Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) Jakarta membenarkan Usman Hamid ditawari posisi sebagai pengurus pusat Partai Demokrat

"Betul Usman ditawari," kata Wakil Koordinator II Kontras Jakarta Haris Azhar kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (15/6).

Namun hingga sore ini, Usman belum memberikan jawaban atas tawaran Anas Urbaningrum yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. "Usman belum konfirmasi keikutsertaannya, iya atau tidak," ujarnya.

Usman sendiri belum menjawab sambungan telepon primaironline.com yang menghubunginya sore ini.

Menurut Azhar, Usman masih berhitung komitmen Partai Demokrat terkait perjuangan Usman yang selama ini dijalani.

"Apakah Partai Demokrat berkomitmen dengan memberikan jawaban bahwa hak asasi manusia (HAM) kompatibel dan cocok dengan arah kebijakan ke depan," ujar Azhar.

Kawan dekat Usman ini juga mengatakan, SBY sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat juga harus berkomitmen menyelesaikan pelanggaran HAM masa lalu dan mereformasi institusi keamanan. "Mau dan komitmen terhadap prinsip HAM serta bersedia diminta pertanggungjawaban HAM," paparnya.

Azhar sendiri menyatakan, Usman sedang dalam masa akhir kepengurusan Kontras dan sedang mendampingi istrinya yang sedang hamil.

Sebelumnya politisi Demokrat Ahmad Mubarok mengatakan, 95% Usman masuk jajaran kepengurusan pusat Partai Demokrat.

(feb)