Muchdi Pr Bisa Redupkan Citra Muhammadiyah

JAKARTA- Peserta Muktamar Muhammadiyah ke-46 yang digelar saat ini diharapkan dapat mempertimbangkan kembali nama Muchdi Pr sebagai salah satu calon Pimpinan Muhammadiyah yang digelar hari ini di Yogyakarta.

Harapan itu disampaikan Sekjen Koalisi untuk Orang Hilang dan Korban tindakan kekerasan (Kontras), Oslan Purba, di Jakarta, Senin (5/7).

"Dari sisi organisasi Muhammadiyah, sekalipun Muchdi Pr layak jadi calon pimpinan Muhammadiyah, saya kira penting dipertimbangkan kembali oleh perserta muktamar soal repurtasi Muchdi Pr," ujar Oslan.

Menurut Oslan, mantan Deputi V Badan Intelijen Negara (BIN) itu saat ini sedang mendapat sorotan publik. Hal ini terkait dengan masa lalu mantan Danjen Kopassus itu dengan peristiwa kematian Munir dan penculikan aktivis HAM. Meskipun pengadilan memutusnya bebas.

"Selama ini Muhammadiyah dikenal sebagai organisasi yang konsen terhadap pembangunan dan pencerahan bangsa, juga terhadap demokrasi dan HAM. Jadi masuknya Muchdi Pr ini bisa menjadi ujian bagi Muhammadiyah," tegasnya.(zul/RMOL)