Puluhan Wartawan Demo Stop Kekerasan di Mabes Polri

JAKARTA – Puluhan wartawan berkumpul di Mabes Polri malam ini. Para wartawan menuntut pengusutan atas pembunuhan terhadap kontributor SUN TV Ridwan Salamun di Kota Tual, Maluku Tenggara, beberapa waktu lalu.

Dalam aksinya, Jumat (27/8/2010), para wartawan yang berasal dari berbagai organisasi jurnalis dan forum wartawan, meminta penghentian kekerasan terhadap wartawan yang menjalankan profesinya.

"Kami meminta Polri mengusut tuntas dan mengungkap penyebab kematian Ridwan," ujar Koordinator aksi Andi Abdul Hamid saat berorasi di depan Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta.

Para wartawan juga mendesak penyelesaian pengusutan terhadap para wartawan lainnya yang terbunuh saat melakukan pekerjaannya. Seperti Ardiansyah Matrais dan Muhammad Syafullah.

Aksi ini juga menyalakan seribu lilin sebagai simbol perenungan kekecewaan atas segala tindak kekerasaan yang seringkali diterima para wartawan. Serta aksi tabur bunga.

Dalam aksi ini para wartawan didukung elemen lembaga swadaya masyarakat, seperti ICW, Kontras, LBH Jakarta, YLBHI, LBH Pers, Imparsial, Walhi, PBHI.(ful)