KontraS: Oegroseno patut dapat apresiasi

MEDAN – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara, Irjen Oegroseno, turun ke desa melakukan kunjungan sekaligus memantau situasi keamanan warga desa di Hamparan Perak, Deli Serdang dengan mengendarai sepeda motor. 

Hal itu dilakukan Kapoldasu sebagai salah satu pelayanan, pengayoman dan pelindung bagi masyarakat oleh aparat kepolisian dari berbagai aksi tindak criminal. Terlebih masyarakat di Hamparan Perak masih ingat penyerangan Mapolsek Hamparan Perak, yang menewaskan tiga anggota polsek.

Langkah yang dilakukan Kapoldasu itu, menurut Komisi Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS) Sumut Kapoldasu patut diberikan apresisi yang tinggi atas tanggungjawab sebagai orang nomor satu di Poldasu.

“Apresiasi yang disebutkan kepada Oegroseno adalah dalam bentuk memberikan rasa aman dan tentram sebagai menetralisir beberapa rangkaian peristiwa yang terjadi,” kata coordinator KontraS Sumut, Diah Susilowati, kepada Waspada Online, tadi malam.  

Investigasi KontraS, kata Diah, membuktikan sikap dan tindakan Kapoldasu melakukan kunjungan di berbagai lokasi membuktikan rasa tanggungjawab yang diberikan Polri kepada masyarakat sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Selain terjun dan meninjauan langsung, kata Diah, sikap atas kesigapan Poldasu patut diacungkan jempol. "Tindakan Kapoldasu sudah tepat dan tidak perlu adanya rasa keraguan terhadap aparat kepolisian. Buktinya, dari berbagai aksi diduga teroris, Oegroseno sigap mengambil sikap tegas komando," ujar Diah.

Diah membantah kalau teroris itu basis di Sumut. "Untuk Sumut, sulit adanya teroris. Ini berdasarkan beberapa pengkajian yang dilakukan," pungkasnnya.

Editor: SATRIADI TANJUNG