Seorang Mahasiswa Tertembak

Jakarta – Aksi demonstrasi dalam rangka memperingati satu tahun pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Boediono yang dilakukan oleh mahasiswa dari Universitas Bung Karno berujung pada kericuhan.

Satu orang mahasiswa dikabarkan terkena tembakan pada bagian kaki, saat terjadi kericuhan dalam aksi yang digelar mahasiswa di Jalan Diponegoro, Jakarta, Rabu (20/10).

Farel Restu, mahasiswa Universitas Bung Karno angkatan 2008, terkena tembakan di bagian kaki. Kini korban telah dilarikan ke rumah sakit menggunakan mobil milik LBH Jakarta.

"Sudah dibawa ke UGD RSCM, kami minta polisi mempertanggungjawabkan perbuatannya," ujar koordinator aksi bernama Alit.

Kericuhan dipicu tindakan petugas yang hendak membubarkan aksi mahasiswa yang memblokir jalan sehingga menyebabkan kemacetan panjang. Namun upaya itu mendapat perlawanan dari mahasiswa. Kericuhan pun tak terelakkan. 

Alit menuding ada petugas yang sengaja mengarahkan tembakan ke arah mahasiswa saat mengeluarkan tembakan peringatan.

Saat ini Mahasiswa terus didesak oleh pihak kepolisian untuk masuk ke Jalan Kimia. Usai kejadian ini, petugas pun mundur dan mahasiwa kembali menguasi jalan. 

Sejumlah anggota Kontras dan LBH Jakarta, kini berusaha memediasi petugas dengan mahasiswa agar bentrok tidak kembali meletus. (*/ian)