Kontras akan Laporkan Insiden Penembakan Demonstran ke Divisi Propam Polri

Laporan: Wahyu Sabda Kuncahyo

RMOL. Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) melaporkan insiden penembakan mahasiswa Universitas Bung Karno, Farel Restu, oleh oknum polisi dalam aksi demonstrasi kemarin ke Divisi Propam Mabes Polri terkait.

Koordinator Kontras Haris Azhar mengatakan, pihaknya siang ini tengah menyiapkan bahan untuk mengajukan laporan tersebut. Menurutnya, substansi dari laporan itu adalah melaporkan tindakan sewenang-wenang oknum Kepolisian yang melakukan penembakan terhadap Farel.

”Saya dan kawan-kawan ada di lokasi, menyaksikan secara langsung penembakan tersebut,” ujar Haris kepada wartawan melalui sambungan telepon di Jakarta (Kamis, 21/10).

Ia menambahkan, selain melapor ke Propam Mabes Polri, Kontras juga akan melaporkan peristiwa tersebut ke Komnas HAM dan Kompolnas.

Pada demonstrasi memperingati satu tahun pemerintahan SBY-Boediono di Jalan Diponegoro kemarin, Farel Restu, dilarikan ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo setelah kaki kirinya tertembus timah panas saat mencoba melepaskan seorang rekannya dari tangkapan polisi ketika terjadi kericuhan. [zul]