Kontras: Jalan Munir Memang Sebatas Usulan

Jakarta – Koordinator Kontras, Haris Azhar, tidak pernah mengatakan nama aktivis HAM Munir telah menjadi nama sebuah jalan di Den Haag, Belanda. Dia hanya mengatakan memang nama Munir dipertimbangkan akan menjadi nama sebuah jalan.

"Saya klarifikasi, kita nggak pernah menyatakan bahwa Jalan Munir sudah ada. Yang kita katakan, akan diberikan atau dipertimbangkan Munir akan dijadikan nama jalan," kata Haris saat dihubungi detikcom, Jumat (1/4/2011).

Haris menjelasakan, memang Suciwati saat ini sedang berada di Belanda. Namun bukan dalam rangka untuk meresmikan jalan itu. "Suci ada kegiatan kampanye lain di Belanda," kata Haris.

Haris keberatan jika dianggap telah menyebut kedatangan Suciwati ke Belanda untuk meresmikan nama suaminya sebagai nama jalan. "Saya keberatan dijadikan sumber bahwa Suci ke sana untuk peresmian nama jalan," imbuhnya.

Sebelumnya, pemerintah Kotapraja Den Haag, Belanda mengatakan tidak ada nama Jalan Munir.

"Tidak ada Munirstraat (Jl. Munir, red) di Den Haag," terang Milja de Zwart dari Bidang Penerangan Kotapraja Den Haag.

Menjawab pertanyaan detikcom sehari sebelumnya, De Zwart mengatakan bahwa Suciwati Munir memang berada di Den Haag pada Minggu (27/3/2011), tapi dalam rangka debat pada Movies That Matterfestival.

Festival film ini kelanjutan dari Amnesty International Film Festival dan digelar setiap tahun di musim semi di Den Haag, dengan menampilkan 70 film HAM, talkshow, dan debat dengan pembicara tamu internasional.