Wakpolri tantang LSM HAM taruh orang di Polsek

Jakarta – Wakil Kepala Polisi Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Nanan Soekarna, menantang para LSM yang bergerak di bidang masalah Hak Asasi Manusia (HAM) agar menempatkan langsung personilnya di kepolisian resor (Polres) dan kepolisian sektor (Polsek).

"Silakan LSM awasi Polsek. Kami pernah tawarankan kepada KontraS dan Komnas HAM untuk menempatkan personil untuk awasi kinerja Polsek yang begitu banyak, tapi mereka tidak mampu memenuhi itu," kata Nanan, dalam diskusi publik, di Jakarta, Selasa (5/7).

Menurut Nanan, LSM seperti KontraS dan Imparsial jangan hanya mengkritik dan menyudutkan petugas polisi tapi juga bisa memberi masukan agar menjadikan polisi profesional. "Kalau memang mereka untuk kemajuan negara silakan LSM berikan masukan bahkan berikan pemahaman masalah HAM kepada personal khusus tingkat Polsek dan Polres," tutur dia

Wakapolri menambahkan kalangan LSM jangan hanya membela masyarakat, tetapi juga polisi yang berpangkah rendah atau bawahan. "Pangkat di bawah yang selalu dizolimi atasan juga dibela," tandas dia.