Kontras Minta Polisi Kerja Cepat dan Profesional Amankan Ambon

Jakarta – Situasi di Ambon berangsur kondusif. Aparat keamanan pun diminta bekerja cepat dan profesional untuk menyelesaikan sisa-sisa kericuhan yang masih terjadi.

"Aparat kepolisian harus segera mengambil tanggung jawab untuk melakukan pengamanan secara profesional," ujar koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras), Haris Azhar dalam keterangan pers pada detikcom, Minggu (11/9/2011).

Kontras menilai polisi harus segera bertindak cepat untuk menyampaikan informasi yang benar pada publik. Jangan membiarkan masyarakat diombang-ambingkan isu yang tidak benar sehingga cemas dan panik.

"Terlebih ketika Polisi tidak memberikan informasi yang terang dan jelas perihal kematian seorang tukang ojek (sebagai pangkal masalah). Kedua, kami mendapatkan informasi dari lapangan bahwa banyak tersebar informasi yang mengambarkan seolah-olah bentrokan terjadi dimana-mana. Padahal dan semoga tidak demikian," jelas Haris.

Kontras berharap agar kondisi dapat segera dipulihkan. Seluruh pihak diminta untuk melihat semua persoalan secara jernih dan tidak terprovokasi.

"Kami meminta polisi dan aparat pemerintah setempat untuk melakukan kerja-kerja secara baik, profesional, komunikatif dan transparan agar hak korban terpenuhi dan keamanan warga terjamin tanpa melihat latar belakangnya. Kedamaian di Ambon adalah harga yang mahal untuk dirusak," tutupnya.