Ramadan for Human Rights 2023: Berawal dari Kita

Menyambut Bulan Ramadhan 1444 Hijriyah,Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS)kembali mengadakan kegiatan Kampanye Ramadhan untuk Kemanusiaan (Ramadan for Human Right/R4HR) yang diinisiasi setiap tahunnya sejak tahun 2009 silam. 

Sejak pertama kali dilakukan, kampanye ini bertujuan untuk membangun semangat solidaritas dan kepedulian publik untuk terlibat dalam pendampingan dan penguatan kepada para penyintas dan keluarga korban pelanggaran hak asasi manusia di Indonesia, dengan merefleksikan kembali makna perjuangan mencari kemenangan dii bulan suci Ramadhan. Kegiatan “Ramadan for Human Rights” tahun ini mengambil tema “Berawal dari kita” yang bertujuan untuk mengingatkan kembali bahwa tiap dari kita memiliki peranan masing-masing dalam mendukung penguatan korban pelanggaran hak asasi manusia. Sebab, dalam sebuah gerakan, kita perlu membangun jaring solidaritas yang kuat dimana hal ini membutuhkan kemauan dari tiap individu dan komunitas. Berawal dari Kita sejalan dengan tujuan R4HR untuk merefleksikan nilai-nilai kemanusiaan di bulan Ramadhan terkait peran dan kontribusi yang sudah dan dapat kita berikan bagi sesama manusia.

KontraS mengajak publik untuk berpartisipasi dalam kampanye Ramadan for Human Rights ini dan berbagi kebaikan untuk membersamai dan menguatkan para penyintas dan keluarga korban pelanggaran hak asasi manusia. Dimana penerima manfaat dari program ini sendiri merupakan komunitas korban yang terdiri atas korban Peristiwa 1965-1966, korban Mei 98, korban Rumpin, korban penghilangan paksa, korban Tanjung Priok, korban Talangsari, korban pelanggaran HAM di Aceh, korban penyiksaan, korban konflik agraria, korban hukuman mati, korban salah tangkap.

Kegiatan penggalangan dana ini akan berlangsung selama bulan Ramadhan dan proses penyaluran kepada para penyintas dan keluarga korban pelanggaran hak asasi manusia akan dilakukan menjelang hari raya Idul Fitri 1444 Hijriyah. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kegiatan “Ramadhan for Human Rights” dan cara berdonasi, dapat mengunjungi situs web KontraS di www.kontras.org dan humanloveshuman.kontras.org 

Jakarta, 21 Maret 2023 

Selengkapnya mengenai Ramadhan for Human Rights 2022, sila klik link disini 

Badan Pekerja KontraS

Narahubung:
Annisa -089562092390