Pagelaran Seni Budaya untuk Peringati HUT Munir

Metrotvnews.com, Batu: Sebuah pagelaran seni dan budaya digelar sejumlah seniman dan budayawan Indonesia, untuk memperingati hari kelahiran aktivis hak asasi manusia, Munir, di Batu, Jawa Timur, Ahad (2/12). Acara yang digelar di kota kelahiran Munir itu dihadiri sejumlah aktivis hak asasi manusia (HAM).

Gelaran peringatan HUT Munir yang jatuh pada 8 Desember itu mengusung spirit untuk menagih janji Presiden untuk mengungkap kasus Munir. Diharapkan otak dibalik pembunuhan Munir segera ditangkap.

Acara dimulai pukul 09.00 WIB, para aktivis HAM, seniman dan budayawan melakukan ziarah ke makam Munir. Satu-persatu sahabat Munir menaburkan bunga di atas pusaranya. Selanjutnya, digelar upacara kecil untuk mengenang jejak langkah Munir dan mendoakan mendiang pahlawan HAM tersebut.

Peringatan HUT Munir berlanjut di alun-alun Kota Batu. Disuguhkan beragam kegiatan seni di sana, mulai dari melukis, teatrikal, hingga pertunjukan musik. Acara tersebut akan digelar hingga esok.

Sejumlah budayawan Indonesia yang turut dalam acara diantaranya adalah Arswendo Atmowiloto, Butet Kartarajasa, Goenawan Muhammad, Romo Sindhu, serta aktivis HAM Usman Hamid. (Wtr4)