Panggung Kemerdekaan Mimbar 1000 Harapan

Minggu (16/8) Mimbar 1000 Harapan digelar menyapa publik Jakarta. Kampanye publik lintas isu yang mengangkat tema Harapan untuk Kemanusiaan digunakan untuk mengajak segenap masyarakat Indonesia untuk mengekspresikan makna kemerdekaan Indonesia yang telah menginjak usia 64 tahun-nya. Merdeka dalam makna yang luas, merdeka dari segala kondisi yang memprihatinkan, merdeka dari rasa takut, merdeka untuk berekspresi, merdeka dari kemiskinan, merdeka dari diskriminasi dan masih akan ada banyak lagi definisi merdeka yang ingin diraih oleh tiap-tiap warga negara Indonesia.

KontraS bersama dengan belasan komunitas masyarakat sipil lainnya ikut memeriahkan Mimbar 1000 Harapan pada hari Minggu 16 Agustus 2009. Bertempat di Gelora Senayan, sejak Sabtu malam  (15/09) KontraS mempersiapkan stand khusus yang bisa dikunjungi oleh para pelari pagi yang melintasi Pintu XII. Stand yang khusus dinamai Let’s Love Human! Itu mendapat apresiasi khusus dari para pengunjung. KontraS membagikan secara cuma-cuma berbagai produk seperti buletin KontraS, stiker, pin, jadwal Ramadhan dan lain sebagainya. KontraS juga mengajak para pengunjung untuk ikut menandatangani spanduk dukungan untuk kampanye Human Loves Human sebagai kampanye unggulan KontraS untuk lebih mendekatkan isu HAM kepada publik Indonesia, khususnya kaum muda.

Tidak hanya itu, the KontraS Band yang dimotori oleh Usman Hamid dkk ikut menyemarakkan Mimbar 1000 Harapan dengan lagu-lagu Rolling Stones yang ditembangkan cukup ciamik. Melalui kampanye publik ini, KontraS berharap isu-isu kemanusiaan akan tetap selalu menjadi isu sentral, menjembatani banyak perbedaan dan menjadi isu yang selalu diusung dari masa ke masa dalam peradaban manusia.***


Warga antusias memberikan tanda tangan pada
spanduk petisi


Lomba mewarnai untuk anak-anak


stand Lets Love Human Kontras


Simbol jejak untuk mengingatkan apa yang terjadi
pada masa lalu


Kontras membagikan stiker, pin, balon dll untuk
para warga yang melakukan lari pagi


warga antusias mendatangi stand Kontras dan
bertanya tentang segala sesuatu