PERINGATAN SATU DEKADE KONTRAS
Kampanye
Human Loves Human
 
KASUS MUNIR
Munir
Monitoring persidangan, sampai perkembangan terkini.
[Klik di sini]
 
TRISAKTI,SEMANGGI I&II
TRISAKTI, SEMANGGI I & II
GERAKAN MAHASISWA 98 dan PASCA 98
[Klik disini]
 
TANJUNG PRIOK

PERISTIWA TANJUNG PRIOK
12 September 1984
[Klik di sini]
 
TALANGSARI
talangsari
Tragedi Talangsari
7 Februari 1989
[Klik di sini]
 
PENCULIKAN
penculikan aktivis orang hilang
"Kasus Penculikan Aktivis"
[ Klik disini ]

Cari
Sumber

HuriSearch

Anda Pengunjung ke:
8578236

Untitled Document
BUKU
 

MEMBANGUN BANGSA MENOLAK MILITERISME

Membangun Bangsa (Nation) adalah kata kunci dari semangat awal bagian-bagian masyarakat kita menyatukan diri serta memberikan identitas atas dirinya sebagai Indonesia. Dalam perjalanan sejarahnya, identitas itu tidaklah dinaungi oleh nilai-nilai yang sama. Akan tetapi dari waktu ke waktu, saling pengaruh antar bagian dalam bangsa ini ataupun kehidupan global, talah turut menentukan dan membangun watak, nilai serta interprestasi baru atas kebutuhan bangsa.

Kalaupun hari ini kita masih banyak melihat belum secara jelas dirumuskan nilai-nilai pengikat dan menemukan karakter sebagai sebuah Nation, ini tidak terhindar bahwa rumusan itu sendiri masih akan ditentukan oleh perjalanan sejarah yang sedang kita buat hari ini, serta berbagai nilai yang berkembang adalah jalan panjang masa lalu yang diterima secara dipaksakan oleh sebuah kekuatan rezim kekuasaan.

Maka nilai-nilai kebangsaan awal, sebagai semangat dasar merumuskan diri menjadi sebuah bangsa, telah mengalami pendangkalan akibat prilaku dan nilai-nilai kekuasaan itu. Tentu kita kemudian akan berbisaca bagaimana perilaku itu dicerminkan oleh sebuah rezim kekuasaan Orde Baru yang telah memaksakan secara sistematis apa yang kemudian disebut militerisme.

KASUM
Komite Aksi Solidaritas untuk Munir
Committee of Action in Solidarity for Munir
File Deskripsi:
Type: *.PDF
Size: __

Melawan Pengingkaran

Seribu kenangan akan tetap tersimpan dalam kalbu, kami sadar bahwa seorang pemuda adalah garda terdepan untuk merombak kebekuan dalam tatanan nilai kehidupan. Sejarah telah membuktikan. Semoga niat anak saya yang tulus dalam membela rakyat Indonesia yang sedang tertindas akibat kezaliman pemimpin-pemimpinnya di-ridhoi Allah Yang Maha Perkasa. Amin

Buku Ini merupakan kumpulan cerita di sekitar perjuangan gerakan mahasiswa tahun 1998-1999, khususnya berisi ungkapan perasaan dan kesaksian orangtua yang kehilangan anak-anaknya akibat serangan pasukan bersenjata dalam tragedi Trisakti (Mei 1998), Semanggi I (November 1998) dan Semanggi II (September 1999).

File Deskripsi:
Type: *.PDF
Size: __

Laporan HAM 2005
Penegakkan Hukum dan HAM Masih Gelap


Laporan ini menunjukkan bahwa realitas dalam penegakan hukum dan HAM di tahun 2005 masih tetap gelap. Reformasi elektoral pemilu baru sebatas pembangunan mekanisme demokrasi prosedural. Payung hukum yang telah tersedia selaam era reformasi sering disia-siakan oleh negara. Pilar demokrasi berbasis kedaulatan hukum pun tidak tegak

Harapan penegakan HAM justru lebih terlihat di tubuh masyarakat. tumbuhnya perlawanan di berbagai wilayah atas ketidak adilan adalah bukti nyata masyarakat tidak lagi diam terhadap penyimpangan hukum dan HAM oleh negara. Meski begitu, cara negara menghindar dari tuntutan masyarakat telah berkembang lebih halus, canggih dan semakin defensif.

Di tahun 2006, tantangan penegakkan HAM semakin bertambah berat. Kerawanan sosial dan ekonomi akan menyumbang besar terjadinya kekerasan, terutama terhadap kelompok masyarakat yang sering terpinggirkan seperti petani, nelayan, mahasiswa, buruh, dan kaum miskin kota. Prosepek pengakan HAM tahun 2006 amat dipengaruhi oleh gerakan HAM dari seluruh lapisan masyarakat. Bila gerakan itu terus tumbuh, maka prospek penegakan di masa selanjutnya, bukan tanpa harapan

File Deskripsi:
Type: *.PDF
Size: __

Bunuh Munir Sebuah Buku Putih

Sejak meninggalnya Munir yang kemudian diumumkan sebagai akibat adanya kandungan racun arsen didalam tubuhnya, kejadian ini menjadi misteri yang mengundang perhatian luas, baik publik di dalam negeri maupun internasional. Tekanan yang kuat terhadap Pemerintahan SBY untuk membentuk suatu penyelidikan 'extraordinary' ditindaklanjuti dengan pembentukan Tim Pencari Fakta Kasus Munir. Upaya non-onvensional ini kemudian setahap demi setahap berhasil mengumpulkan rangkaian puzzle informasi yang berujung pada kesempulan bahwa Munir mati lewat sebuah pembunuhan politik yang konspiratif. Sayang hingga setahun lebih upaya ekstra tersebut hanya berhasil menyert satu orang pelaku-seorang pilot Garuda-ke pengadilan. Hasil ini tidak memenuhi harapan nalar publik.

Buku Putih KontraS ini merupakan upaya petunjuk kepada publik luas baha pengungkapan kasus pembunuhan Munir tidak terletak pada maslah teknis namun lebih pada masalah politik.

DOWNLOAD [IND][ENG]

File Deskripsi:
Type: *.PDF
Size: __

Halaman :
 
BUKU


Laporan Penilaian Pelaksanaan Akses Informasi Publik di 5 Komisi Negara


[download]


Index Buku terbitan kontraS
[Klik disini]
Buletin


TrendHam Maret - April 2013
[download]


[ Daftar buletin lengkap >> ]
HUKUMAN MATI
hukuman mati
Kampanye
Anti Hukuman Mati !!!
[Klik Disini]
POSO
hukuman mati
Pemantauan Kasus Pelanggaran HAM POSO
[Klik Disini]
ACEH
hukuman mati
Pemantauan HAM Di
Nagroe Aceh Darussalam
[Klik Disini]
AKSI DIAM KAMISAN
aksi diam kamisan
"Desakan Penuntasan Kasus Pelanggaran ham masa lalu"
[ Klik disini ]
UNDANG-UNDANG
INSTRUMEN HAM