PERINGATAN SATU DEKADE KONTRAS
Kampanye
Human Loves Human
 
KASUS MUNIR
Munir
Monitoring persidangan, sampai perkembangan terkini.
[Klik di sini]
 
TRISAKTI,SEMANGGI I&II
TRISAKTI, SEMANGGI I & II
GERAKAN MAHASISWA 98 dan PASCA 98
[Klik disini]
 
TANJUNG PRIOK

PERISTIWA TANJUNG PRIOK
12 September 1984
[Klik di sini]
 
TALANGSARI
talangsari
Tragedi Talangsari
7 Februari 1989
[Klik di sini]
 
PENCULIKAN
penculikan aktivis orang hilang
"Kasus Penculikan Aktivis"
[ Klik disini ]

Cari
Sumber

HuriSearch

Anda Pengunjung ke:
10853879

Buletin
 
   
 

Tren HAM edisi 02: Isu akuntabilitas dan profesionalitas aktor-aktor keamanan

Isu akuntabilitas dan profesionalitas aktor-aktor keamanan di indonesia masih menjadi tren yang berkembang dan menarik perhatian publik dalam bulan Maret dan April. Wacana pemulihan perbantuan militer untuk Kopassus, terus melorotnya kinerja aparat kepolisian, pro dan kontra RUU Intelijen Negara, brutalitas Satpol PP adalah wajah politik kekerasan yang nampak mencolok dalam perjalanan agenda reformasi sektor keamanan. Belum lagi pilihan politik kebijakan negara yang masih kerap mengusung nilai-nilai diskriminasi dan mengancam hak asasi. Catatan tren ini juga mengupas perjalanan sidang gugatan litigasi atas dilantiknya letjen TNI Sjafrie Sjamsoeddin sebagai Wakil Menteri Pertahanan RI mengingat dugaan keterlibatan Sjafrie dalam beberapa kasus pelanggaran HAM masa lalu. Dan tak lupa, KontraS menghadirkan catatan khusus mengenai sidang perdana ASEAN Intergovernmental Commission on Human Rights (AICHR), berikut tantangan penegakan HAM regional di wilayah Asia Tenggara.

download
 
     
   
 

Tren HAM edisi 01: stagnasi penegakan HAM dan pemutusan rantai impunitas

Catatan per dua bulan yang dipersiapkan oleh KontraS ini berusaha merekam setiap gejolak, perubahan, bahkan stagnasi yang terjadi di Indonesia khususnya terkait dengan upaya penegakan hak asasi manusia dan upaya memutus mata rantai impunitas. Dalam publikasi perdana di awal tahun 2010, tren penegakan HAM ini disusun berdasarkan hasil monitoring media baik ditingkat domestik, regional, maupun internasional dan data dari laporan pengaduan yang rutin diterima oleh KontraS.
download
 
     
   
 

Kami tak Melupakan & Tak akan Melupakan

Sudah sepatutnya kita belajar banyak dari pengalaman yang dilakukan oleh Las Madres de la Plaza de Mayo, Argentina yang sempat bertandang ke Indonesia. Kedatangan mereka dari seberang benua Amerika Latin nun jauh di sana adalah sebuah kehormatan tersendiri yang bisa Kontras ungkapkan di sini. Lydia Taty Almeida dan Aurora Morea yang berkunjung dengan misi membangun jalinan komunikasi dengan gerakan politik korban di Indonesia, menghadirkan percikan nuansa, gelora, asa yang bergemuruh dibatin masing-masing korban dan keluarga korban pelanggaran HAM masa lalu yang sempat berjumpa dengan mereka.

download

 
     
   
 

KONGRES PEJUANG HAM:
BERSAMA MERETAS IMPUNITAS

Kongres Pejuang HAM 2009: Merebut Ruang Politik bagi Pemajuan Hak Asasi Manusia; diharapkan bisa menjadi medium alternatif untuk menyatukan langkah dan tujuan gerakan politik korban secara aktif untuk membangun sikap politik strategis dalam Pemilu 2009. Namun di sisi yang lain timbul kekecewaan yang begitu kuat ketika hakim memvonis bebas Muchdi Purwoprandjono atas dakwaan pembunuhan berencana terhadap Munir, di akhir tahun 2008 lalu.

download
 
     
   
 

BERITA KONTRAS EDISI MARET - APRIL 2008

Sepuluh tahun sudah, Kontras berjalan bersama dengan masyarakat untuk menyerukan penolakan terhadap Kekerasan dan menjaga,menjunjung tinggi kemanusiaan.  Dan pada tanggal 20 Maret 2008, dalam peringatan satu dekade ini, Kontras mengusung tema ”Human Loves Human” Menolak Kekerasan dan Merawat Kemanusiaan.

download
 
     
   
 

BERITA KONTRAS EDISI JANUARI - FEBRUARI 2008

Memasuki tahun 2008, berita meninggalnya mantan Presiden kedua RI, Soeharto, menjadi sebuah catatan panjang yang kami kupas menjadi berita utama. Diusianya yang sudah senja, Soeharto (86 thn), wafat dengan membawa segudang kasus pelanggaran hukum dan kasus pelanggaran hak asasi manusia yang belum sempat ia pertanggungjawaban.

download
 
     
   
 

BERITA KONTRAS EDISI NOVEMBER - DESEMBER TAHUN 2007

Di akhir tahun 2007, buletin Kontras mengangkat tema tentang kedatangan utusan khusus PBB untuk persoalan penyiksaan. Kedatangan Prof. Manfred Nowak, Kedatangan Nowak dimaksudkan untuk membantu menghapuskan berbagai bentuk penyiksaan yang masih terjadi di Indonesia. hal tersebut dibahas dalam berita utama edisi kali ini

download
 
     
   
 

BERITA KONTRAS EDISI SEP-OKT 2007

Di akhir Agustus lalu (28/08), Mahkamah Agung memenangkan gugatan Soeharto terhadap majalah Time Asia yang menulis laporan berjudul “Suharto Inc.” Sebelumnya Pengadilan Negeri dan Pengadilan Tinggi telah membatalkan gugatan tersebut. Keputusan MA memenangkan gugatan ini menambah panjang daftar MA sebagai mesin cuci kekuasaan. Laporan ini kami kupas secara mendalam dalam rubrik berita utama kali ini.

download
 
     
   
 

BERITA KONTRAS EDISI JULI-AGUSTUS 2007

Tercatat puluhan ribu orang hilang dari tahun 1965 sampai tahun 1998. ironisnya tak satupun kasus-kasus penghilangan orang secara paksa itu diselesaikan secara hukum. Selama puluhan tahun negara menerapkan kebijakan represif lewat penghilangan paksa, terhadap siapapun yang dianggap lawan atau setidaknya negara membiarkan praktek keji itu berlangsung tanpa pertanggungjawaban.

download
 
     
   
 

BERITA KONTRAS EDISI MEI-JUNI 2007

Kekerasan kembali terjadi, korbannya warga kebanyakan dan pelakunya aparat TNI. Berita seperti ini seakan tak asing kita dengar. Namun, bila kekerasan itu berakhir dengan tercabut empat nyawa warga yang tak bersenjata, yang hanya terbiasa mengayuh pacul dilahan subur, atau ibu dan anak yang tengah berdekapan. Tentu peristiwa itu akan menjadi sorotan masyarakat, sebagai tragedi kemanusiaan. Tragedi Alastlogo, Pasuruan (30/05)

download

 
     
  1 2 3 4 5 6 7
 
BUKU


BANTUAN HUKUM MASIH SULIT DIAKSES


[download]


Index Buku terbitan kontraS
[Klik disini]
Buletin


PENCULIKAN AKTIVIS
[download]


[ Daftar buletin lengkap >> ]
HUKUMAN MATI
hukuman mati
Kampanye
Anti Hukuman Mati !!!
[Klik Disini]
POSO
hukuman mati
Pemantauan Kasus Pelanggaran HAM POSO
[Klik Disini]
ACEH
hukuman mati
Pemantauan HAM Di
Nagroe Aceh Darussalam
[Klik Disini]
AKSI DIAM KAMISAN
aksi diam kamisan
"Desakan Penuntasan Kasus Pelanggaran ham masa lalu"
[ Klik disini ]
UNDANG-UNDANG
INSTRUMEN HAM